Perancangan Smart Door Lock System dengan Multi Sensor untuk Sistem Keamanan Rumah

Authors

  • Abdul Hakim Prima Yuniarto Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Yuni Lestiyanti Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Muhammad Fuad Asrori Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Nur Laela Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Aflah Nurcholis Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31358/techne.v22i2.404

Keywords:

Fingerprint, PIN, RFID, Smart Door Lock

Abstract

Pencurian sangat membuat resah masyarakat, khususnya di daerah padat penduduk. Seringkali kejadian pencurian masuk melalui pintu maupun jendela rumah. Saat ini menggunakan kunci pintu konvensional sangatlah beresiko, karena tingkat keamanan yang sangat rendah. Hanya dengan bermodalkan dua buah kawat seseorang dapat membuka kunci pintu dalam hitungan menit saja. Oleh karena itu diperlukan pengunci elektrik yang dipadukan dengan beberapa modul input sebagai kunci masuknya agar tidak mudah untuk dibobol penjahat. Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang smart door lock system dengan multi sensor. Jadi untuk kuncinya menggunakan beberapa input seperti modul fingerprint. Kemudian input yang kedua adalah keypad dengan masukan berupa PIN, serta yang terakhir dengan modul RFID dengan masukan berupa kartu atau tag RFID. Hasil perancangan berupa prototype smart door lock system. Hasil pengujian untuk RFID reader dapat membaca kartu RFID dengan jarak maksimal 3 cm, dan jika menggunakan tag RFID jarak maksimalnya 2 cm. Kemudian pengujian pada sensor fingerprint dapat membaca sidik jari yang terdaftar dan membuka akses pintu, sedangkan untuk sidik jari yang terdaftar akan tidak terbaca dan pintu akan tetap terkunci. Lalu sistem dapat membuka akses pintu dengan memasukkan PIN yang sudah terdaftar, dan tidak membuka akses pintu jika PIN yang dimasukkan tidak terdaftar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Y. A. Siswanto, Arsitektur Sistem Keamanan Rumah dengan Menggunakan Teknologi Biometrik Sidik Jari Berbasis Arduino, in Seminar Nasional Aptikom, 2017.

A. S. Bakhri, K. Suhada, and K. Kamaludin, Perancangan Sistem Doorlock Menggunakan Aplikasi Blynk Berbasis IoT Studi Kasus Pada Rumah Tempat Tinggal Pribadi, Pros. Semin. Nas. Inov. dan Adopsi Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 110, 2021.

K. Y. Sun, Y. Pernando, and M. I. Safari, Perancangan Sistem IoT pada Smart Door Lock Menggunakan Aplikasi BLYNK, JUTSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 1, no. 3, pp. 289296, 2021.

A. Hazarah, Rancang Bangun Smart Door Lock Menggunakan QR Code dan Solenoid, J. Teknol. Inform. dan Terap., vol. 04, no. 01, 2017.

Padeli, E. Febriyanto, and D. Suprayogi, Prototype Sistem Smart Lock Door Dengan Timer Dan Fingerprint Sebagai Alat Autentikasi Berbasis Arduino Uno Pada Ruangan, J. Innov. Futur. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 5159, 2019.

A. Yudhana, A. Dahlan, and Priyatno, Perancangan Pengaman Pintu Rumah Berbasis Sidik Jari Menggunakan Metode Uml, J. Teknol., vol. 10, no. 2, pp. 131138, 2018.

A. Romadon, A. Pranata, and J. Halim, Smart Lock System Dengan Personal Identification Number Berbasis Internet Of Things, J. Sist. Komput. Triguna Dharma (JURSIK TGD), vol. 1, no. 4, p. 118, 2022.

W. Wendanto, D. J. N. Salim, and D. W. T. Putra, Rancang Bangun Sistem Keamanan Smart Door Lock Menggunakan E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk) Dan Personal Identification Number Berbasis Arduino Mega R3, Go Infotech J. Ilm. STMIK AUB, vol. 25, no. 2, p. 133, 2019.

I. U. V. Simanjuntak, A. Y. Basuki, and M. Ridlon, Rancang Bangun Sistem Pengamanan Pintu Rumah Tinggal Menggunakan E-Ktp Dan Magnetic Door Lock Berbasis Atmega328, J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 25, no. 2, pp. 149160, 2020.

M. I. Tawakal and Y. Ramdhani, Smart Lock Door Menggunakan Akses E-Ktp Berbasis Internet of Things, J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 8391, 2021.

Muliadi, A. Imran, and M. Rasul, Pengembangan Tempat Sampah Pintar Menggunakan ESP32, J. Media Elektr., vol. 17, no. 2, pp. 7379, 2020.

Downloads

Published

05-12-2023

How to Cite

Abdul Hakim Prima Yuniarto, Lestiyanti, Y., Asrori, M. F., Laela, N., & Nurcholis, A. (2023). Perancangan Smart Door Lock System dengan Multi Sensor untuk Sistem Keamanan Rumah. Techné : Jurnal Ilmiah Elektroteknika, 22(2), 333–342. https://doi.org/10.31358/techne.v22i2.404

Issue

Section

Articles