Prototipe Sistem Pencatatan Keluar Masuk Barang Menggunakan RFID ISO 18000-6 dan Pembayaran Menggunakan NFC ISO 14443A

Main Article Content

Jati Kristianto Darmawan Utomo Banu Wirawan Yohanes Saptadi Nugroho

Abstract

Mendata barang pada toko merupakan kegiatan yang cukup melelahkan dan memakan banyak waktu. Selain itu pembayaran pada toko yang masih menggunakan uang kartal juga membutuhkan ketelitian pada saat proses transaksi. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat memindai barang dengan cara melewatkan barang dan pembayaran tanpa uang kartal. Setiap barang akan dilekatkan Tag RFID yang kemudian akan dibaca oleh RFID reader ketika barang melewati gerbang. Untuk pembayaran menggunakan Tag NFC yang dilekatkan pada handphone, selanjutnya Tag NFC didekatkan pada alat pembayaran yang memiliki NFC reader. Dari hasil pengujian pencatatan barang berhasil mengambil data dari Tag RFID kemudian memasukkan data berupa ID dari produk, nama produk, kategori, dan penyuplai ke database dengan persentase 100%. Untuk sistem pembayaran dapat berhasil mengambil rekaman pada Tag NFC kemudian memasukkan rekaman ke database dan mencetak hasil transaksi dengan persentase 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

K.Finkenzeller, RFID Handbook, United Kingdom: A John Wileyand Sons, h. 1-23, 2010.

R. Saunier, Getting Started with Laravel 4, United Kingdom: Packt Publishing, h. 14-15, 2014.

M. Massé, REST API Design Rulebook, United States of America: O’Reilly Media, 2012.

T. Igoe, D. Coleman, and B. Jepson, “Beginning NFC Near Field Communication with Arduino”, Android, and Phone Gap, United States of America: O’Reilly Media, 2014.

V. Coskun, K. Ok, B. Ozdenizci, Professional NFC Application Development For Android, United Kingdom: A John Wiley and Sons, 2013.